Minggu, 18 September 2016

KUIS I AIS

Standard
SOAL KUIS
Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen

Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan tugas pada mata kuliah Accounting Information System I

Dosen Pembimbing :
Irvan Yoga Pardistya,SE.,M.M,Ak.








Disusun oleh :
Charlee Yan      (1541173404027)

Kelas    : III AKT A1


Program Studi S1 Akuntansi
Fakultas Ekonomi & Bisnis
Universitas Singaperbangsa Karawang
Tahun Akademik 2016/2017





SOAL KUIS

1.     Sebutkan apa itu Data, Sistem, Informasi, dan Sistem Informasi?
2.     Sebutkan definisi Sistem Informasi Akuntansi?
3.     Dimana letak Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dalam organisasi?
4.     Apakah perbedaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dengan Sistem Informasi Akuntansi (SIA)?
5.     Mengapa kita membutuhkan Sistem Informasi?




1.     Buatlah Skema siklus pembelian kredit dalam Sistem Informasi Akuntansi!
2.     Sebutkan Dokumen-Dokumen terkait di dalam siklus tersebut beserta fungsinya!
3.     Buatlah skema proses bisnis perusahaan!
Jelaskan bagaimana prosesnya!
Lalu siapa saja penggunanya?
Dimana letak penggunaan Sistem Informasi dalam perusahaan tersebut?
Sebutkan apa hubungan Sistem Informasi dalam perusahaan tersebut!




Jawaban

  1. Pengertiannya adalah sebagai berikut:
·         Data
Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut.
·         Sistem
Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih kompenen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai tujuan.
·         Informasi
Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
·         Sistem Informasi
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.                  

  1. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern

  1. Letak SIA dalam organisasi berada dalam lingkup SIM yang lebih mengatur data keuangan, mulai dari pencatatan dan pengawasan terhadap transaksi keuangan







  1. Prosedur Pembelian Kredit
a)      Bagian administrasi menerima Order Pembelian rangkap ketiga dari bagian pembelian dan Bukti Pembelian Barang dari bagian gudang, serta Faktur pemasok kemudian menyesuaikannya. bagian administrasi akan menyimpan data-data utang yang timbul akibat pembelian kredit ke dalam database
Jika sudah waktu jatuh tempo, maka bagian administrasi akan menerima tagihan dari pemasok.
b)      Berdasarkan tagihan dari pemasok dan data-data utang perusahaan, bagian administrasi melakukan pembayaran kepada pemasok dengan cara transfer, cek ataupun giro.
c)      Jika pembayaran sudah dilakukan, maka pemasok akan menyerahkan Kwitansi tanda pembayaran.
d)     Berdasarkan Kwitansi tersebut, bagian administrasi membuat dan mencetak dokumen Tanda Terima dua rangkap diserahkan kepada pemasok.
e)      Pemasok menandatangani kedua rangkap dokumen Tanda Terima tersebut.
f)       Tanda Terima rangkap satu disimpan oleh pemasok dan Tanda Terima rangkap kedua disimpan untuk perusahaan.
g)      Data-data utang yang sudah dibayar disimpan dalam database oleh bagian administrasi.
h)      Setiap bulannya bagian administrasi mencetak Laporan Pembelian Tunai dan Kredit, dan Laporan Saldo Utang.


  1. Dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi pembelian kredit adalah sebagai berikut: :
·         Surat permintaan pembelian
Dokumen ini merupakan formulir yang diisi oleh fungsi gudang atau fungsi pemakai barang untuk meminta fungsi pembelian melakukan pembelian barang dengan jenis, jumlah dan mutu seperti yang tersebut dalam surat tersebut.

·         Surat permintaan penawaran harga
Dokumen ini digunakan untuk meminta penawaran harga bagi barang yang pengadaannya tidak bersifat berulangkali terjadi(tidak repetitif)
.
·         Surat order pembelian
Dokumen ini digunakan untuk memesan barang kepada pemasok yang telah ditentukan. Dokumen ini terdiri dari berbagai tembusan yaitu:

ü  Tembusan pengakuan oleh pemasok yang dikirimkan kepada pemasok
dimintakan tanda tangan dari pemasok tersebut dan dikirim kembali ke perusahaan sebagai bukti telah diterima dan disetujuinya order pembelian, serta kesanggupan pemasok memenuhi janji pengiriman barang seperti tercantum dalam dokumen tersebut.
ü  Tembusan bagi unit peminta barang
Dikirimkan kepada fungsi yang meminta pembelian bahwa barang yang dimintanya telah dipesan.
ü  Arsip tanggal penerimaan
Tembusan surat order pembelian ini disimpan oleh fungsi pembelian menurut tanggal penerimaan barang yang diharapkan, sebagai dasar untuk mengadakan tindakan penyelidikan jika barang tidak dating pada waktu yang telah ditetapkan.
ü  Arsip pemasok
Tembusan surat order pembelian ini disimpan oleh fungsi pembelian menurut nama pemasok, sebagai dasar untuk mencari informasi mengenai pemasok.
ü  Tembusan fungsi penerimaan
Dikirim ke fungsi penerimaan sebagai otorisasi untuk menerima barang yang jenis, spesifikasi, mutu, kuantitas, dan pemasoknya seperti yang tercantum dalam dokumen tersebut

·         Laporan penerimaan barang
Dokumen ini dibuat oleh fungsi penerimaan untuk menunjukkkan bahwa barang yang diterima dari pemasok telah memenuhi jenis, spesifikasi, mutu, dan kuantitas seperti yang tercantum dalam surat order pembelian.
·         Surat perubahan order pembelian
Biasanya perubahan tersebut diberitahukan kepada pemasok secara resmi dengan menggunakan surat perubahan order pembelian yang dibuat dengan jumlah lembar tembusan yang sama dan dibagikan kepada pihak yang sama dengan yang menerima surat order pembelian
·         Bukti kas keluar
Dokumen ini dibuat oleh fungsi akuntansi untuk dasar pencatatan transaksi pembelian. selain itu berfungsi juga sebagai perintah pengeluaran kas untuk pembayaran utang kepda pemasok dan yang sekaligus berfungsi sebagai surat pemberitahuan kepada kreditur mengenai maksud pembayaran
·         Faktur
                        Dokumen ini sebagai alat bukti pembelian secara kredit.

  1. Proses bisnis penjualan

 
Proses bisnis untuk  penjualan adalah:
1.      Sales order - draft
                Staf sales menginput data order penjualan. 
                Pada saat input ini ada juga pilihan untuk mengkaitkan dengan consign request     tertentu.

2.      Sales order - execute
                Manajer sales mengesahkan order penjualan

3.      Down payment - draft
                Bagian finance menginput down payment

4.      Down payment - execute
                Manajer finance mengesahkan pembayaran awal.
                Pada tahap ini akan mengupdate cash (debit) dan advanced sales (credit)

5.      Send order - draft
                Staf gudang akan membuat pengiriman / send order sesuai dengan sales order

6.      Send order - execute dan invoice customer
                Kepala gudang akan mengesahkan send order dan secara otomatis akan membuat invoice customer.
                Pada tahap ini akan mengupdate account receivable (debit), sales (credit), hpp (debit), inventory(credit)

7.      Send to customer
                Barang dan invoice kemudian dikirimkan ke pelanggan/customer dan pelanggan melakukan pembayaran sesuai invoice yang diterima

8.      Payment receipt batch - draft
                Bagian finance merinci pembayaran apa saja yang diterima hari ini dan diinput ke dalam payment receipt bacth

9.      Payment receipt batch -execute
                Manajer finance mengesahkan payment receipt batch.
                Pada proses ini akan mengupdate cash (debit), account receivable (credit), accrued sales (credit)



Penggunanya adalah :
·         Pelanggan
·         Pihak intern perusahaan

Letak Penggunaan :
            Dalam proses pencatatan transaksi penjualan (jurnal penjualan ataupun jurnal kas masuk) serta pencatatan keluar nya barang persediaan

Hubungan Sistem Informasi dalam perusahaan :
·         Antara  staff dengan Manajernya

·         Antara Bagian Finance dan Gudang

0 komentar:

Posting Komentar